6 Kota Ini Jadi Destinasi Favorit di Libur Lebaran 2019

Admin - 2019-05-16

Mudik merupakan aktivitas yang telah menjadi tradisi setiap tahunnya bagi para perantau. Untuk sebagian besar masyarakat Indonesia dengan melakukan mudik, diharapkan setiap orang bisa berkunjung ke kampung halaman, menyambangi saudara, bersilaturakhim ke tempat sanak saudara dan menghabiskan libur panjang lebaran untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri. 
 
Namun siapa sangka ternyata animo libur lebaran masyarakat menjadi daya tarik untuk beberapa destinasi di Indonesia. Ada beberapa kota pilihan yang ternyata telah menjadi destinasi favorit para pemudik.
 
Head Of Growth Management Traveloka Iko Putera mengatakan  bahwa musim libur lebaran menjadi momen yang selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia setiap tahun dengan sangat antusias.  Adapun destinasi kota itu yakni Surabaya, Denpasar, Medan, Pekanbaru, Balikpapan dan Batam.
 
"Dan kami melihat ada beberapa destinasi populer domestik yang dipilih untuk lebaran 2019. Diantaranya mudik ke Surabaya, Denpasar, Medan, Pekanbaru, Balikpapan dan Batam," ujar Iko di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (14/5/2019).
 
Pemilihan moda transportasi pun cukup beragam. Misal, untuk Semarang, Malang masih menggunakan bus. Sedangkan, Surabaya -Jakarta menggunakan pesawat, Medan- Aceh atau Padang menggunakan bus. 
 
Kendati mengalami kenaikan tarif, moda tranportasi udara masih mendominasi sekitar 60-70 persen. Sedangkan kereta meningkat 30 persen dibanding tahun lalu dan dibanding hari biasa meningkat 300 persen atau 4 kali lipat. 
 
"Pesawat masih mendominasi 60-70 persen meski ada kenaikan tarif. Kereta meningkat 30 persen dibanding tahun lalu. Bus antar kota dibanding hari biasa meningkat 300 persen atau 4 kali lipat," ungkap dia.
 
 
.